Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kesiapan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan Kec. Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan

Pulungan, Wika Harina (2021) Kesiapan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan Kec. Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah berawal dari kurangnya kesiapan guru pendidikan agama Islam, Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana kesiapan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan, (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis Al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian mengetahui (1) kesiapan guru pendidikan agama Islam dalam membina pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Padangidimpuan, (2) faktor faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis Al-Qura‟an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan situasi kondisi lokasi penelitian yang sebenarnya secara sistematik, faktual dan akurat. Teknik pengumpulan data dalam peelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini (a) kesiapan guru pendidikan agama Islam menggunakan rencana yang berisi tujuan pembelajaran secara operasional materi, bentuk kegiatan belajar mengajar, metode yang di gunakan, waktu, alat, dan evaluasi, metode belajar yang di gunakan harus menggunakan cara tertentu yang tepat dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan tercapai, mental yang kuat, tentukan tujuan pembelajaran. (b) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis Al-Qur‟an ada dua yaitu pertama faktor internal meliputi: faktor bakat, minat, intelegensi. Kedua faktor eksternal meliputi: guru, kurikulum, lingkungan masyarakat, orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Nurfin Sihotang, MA., Ph.D dan Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd
Keywords: Kesiapan guru; Pendidikan agama Islam; Pembinaan Pembelajaran; Baca; Tulis; Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:32
Last Modified: 23 Nov 2021 01:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7268

Actions (login required)

View Item View Item