Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 12 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu

Siregar, Maria Ulfha (2021) Proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 12 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peran guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada masa Pandemi Covid-19 guru Pendidikan Agama Islam harus kreatif dan mau melakukan inovasi pembelajaran yang merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan dengan memaksimalkan media yang ada. Siswa juga mendapatkan pembelajaran kurang maksimal. Karena adanya Pandemi Covid-19 waktu dalam poses pembelajaran kurang efektif, sarana dan prasarana yang digunakan di rumah guru kurang memadai. Guru Pendidikan Agama Islam perlu membuat konsep belajar yang berbeda dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian terhadap siswa pada masa Pandemi Covid-19 ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran masa Pandemi Covid-19 di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12, Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran masa Pandemi Covid-19 di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12, Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penilaian pembelajaran masa Pandemi Covid-19 di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12, Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu (Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa). Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perpanjangan Keikutsertaan dan triangulasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, deskripsi data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan perencanaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam ada lima tahap yaitu Tahap pra perencanaan, perencanaan awal, formulasi rencana, elaborasi rencana dan evaluasi rencana. Pelaksanaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penilaian pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam yaitu penugasan berupa tes tertulis dan non tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Pembelajaran; Guru PAI; Pandemi; Covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:58
Last Modified: 22 Nov 2021 01:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7254

Actions (login required)

View Item View Item