Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode buzz group dengan strategi think talk-write (TTW) terhadap komunikasi matematika siswa di Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan

Hsb, Jamiah Nur (2021) Pengaruh metode buzz group dengan strategi think talk-write (TTW) terhadap komunikasi matematika siswa di Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) disebabkan metode yang digunakan guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan matematika seperti menyelesaikan soal-soal bentuk cerita dan grafik. Berdasarkan masalah tersebut peneliti berusaha menyusun dan menerapkan metode buzz group dengan stratgi tink-talk-write (TTW) pada materi bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menngetahui pengaruh yang signifikan Metode Buzz Group dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Komunikasi Matematika Siswa di Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Darul Ikhlas Dalan Lidang panyabungan tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sehingga sampel yang digunakan adalah kelas VIIIA dan VIII D. Dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis thitung = 2,44 > ttabel = 1,99, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa “terdapat Pengaruh Signifikan Metode Buzz Group dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Komunikasi Matematika Siswa di Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd. dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Metode buzz group; Strategi think-talk-write; TTW; Komunikasi matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:51
Last Modified: 22 Nov 2021 01:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7253

Actions (login required)

View Item View Item