Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian kartu paket internet XL (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Iain Padangsidimpuan)

Sulistiya, Trika (2021) Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian kartu paket internet XL (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Iain Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu internet menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Dengan meningkatnya kebutuhan masyaraka akan penggunaan internet membuat industri telekomunikasi ikut berkembang. Keadaan ini menciptakan peluang bagi setiap industri telekomunikasi untuk mengembangkan produknya. Setiap perusahaan harus mengetahui perilaku konsumen pada pasar sasarannya dan memenuhi kebutuhan serta keinginan para konsumen. Dalam mengambil keputusan faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah produk, harga, lokasi, promosi, tempat, dan pelayanan yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi (marketing mix) terhadap keputusan pembelian kartu paket internet XL pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah IAIN padansidimpuan. Teori pada penelitian ini berkaitan dengan bidang strategi pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan teori marketing mix, teori produk, teori, harga, teori lokasi, teori promosi, dan teori keputusan pembelian. Teori keputusan pembelian merupakan kebijakan yang diambil konsumen dalam memilih produk yang disukai. Faktor faktor yang mengambil keputusan pembelian konsumen pada marketing mix adalah produk, harga, promosi, tempat, lokasi, dan pelayanan baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam memperoleh data, peneliti menyebarkan angket secara online dengan menggunakan Google Form yang kemudian dibagikan melalui aplikasi WhatsApp dan Facebook. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah FEBI IAIN Padangsidimpuan sebanyak 621 orang. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Kemudian pengelolaan datanya menggunakan bantuan program SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial variabel produk dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan untuk variabel harga dan lokasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan variabel produk, harga, lokasi dan pomosi (marketing mix) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa produk, harga, lokasi dan promosi (marketing mix) memberi kontribusi sebesar 66,8% terhadap variabel keputusan pembelian, selain itu 33,2% dipengaruh oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, SE.,M.A dan Ja'far Nasution, Lc., M.E.I
Keywords: Produk; Harga; Lokasi; Promosi; Marketing mix; Keputusan; Pembeli
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:17
Last Modified: 22 Nov 2021 01:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7248

Actions (login required)

View Item View Item