Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan pemahaman operasi perkalian siswa kelas IV SD Negeri 101110 Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi

Hasibuan, Asti Wulan Dani (2021) Penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan pemahaman operasi perkalian siswa kelas IV SD Negeri 101110 Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang selama ini belum menggunakan metode berhitung untuk mempermudah pemahaman siswa, sehingga siswa sangat terbebani ingatannya dalam menghafalkan perkalian bilangan. Sejak dulu siswa hanya disuruh untuk menghafal seluruh perkalian, ada yang terpaksa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran berhitung sangat sulit dan kurang menyenangkan. Penelitian ini merumuskan tentang apakah dengan penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan pemahaman operasi perkalian pada siswa kelas IV SD Negeri 101110 Aek Badak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman operasi perkalian siswa dengan menerapkan metode jarimatika pada siswa kelas IV SD Negeri 101110 Aek Badak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru dilapangan dan cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitiannya. Dari hasil penelitian ini adalah penggunaan Metode Jarimatika dapat meningkatkan pemahaman operasi perkalian siswa serta berdampak positif terhadap proses pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 101110 Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas, persentase ketuntasan serta rata-rata kelas. Sebelum dilakukan tindakan rata-rata kelas siswa 34,61 dengan jumlah siswa tuntas 9 siswa. Sebelum siklus ketuntasan berhitung yang diperoleh sebesar 34,61%. Pada Siklus I rata-rata kelas yang diperoleh siswa 77,30 dengan jumlah siswa 18 siswa dari 26 siswa. Sementara pada Siklus II rata-rata kelas adalah 85 dengan jumlah siswa yang tuntas 24 siswa yaitu 92,30%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Meningkatkan pemahaman; Metode jarimatika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:25
Last Modified: 12 Nov 2021 03:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

View Item View Item