Tanjungsari, Rizky (2021) Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam kelas V SD Negeri No.101232 Purbatua Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran daring berlangsung kurang efektif karena masih banyak terdapat hambatan-hambatan yang terdapat pada guru dan siswa, seperti siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring disebabkan tidak memiliki kuota internet untuk mengakses pembelajaran sehingga siswa tersebut tertinggal dan tidak mendapatkan nilai, tidak memiliki fasilitas seperti handphone untuk melakukan kegiatan pembelajaran, akses internet, minimnya kemampuan guru menggunakan teknologi dalam pembelajaran daring. Adanya permasalahan-permasalahan yang dialami siswa membuat guru menjadi bimbang dalam memberikan nilai dan kebijakan karena masih banyak kendala yang belum dapat diselesaikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas V SD Negeri No.101232 Purbatua Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas V SD Negeri No.101232 Purbatua Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Metodologi yang digunakan adalah metodologi penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 33 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan skala likert dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh signifikan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas V di SD Negeri No. 101232 Purbatua Kecamatan SipirokKabupaten Tapanuli Selatan. Dari hasil analisis regresi, diperoleh nilai r = 0,537 dan nilai adalah 0,288 sehingga nilai koefisien yang diterima (KP) sebesar 71,2%. Kemudian,harga di dalam penelitian ini adalah 12,545 dan dilihat dari nilainya 4,16 karena diperoleh dari nilai N 33-2=31. di dalam penelitian ini sebesar 12,545 maka > (12,554 > 4,16).Persamaan regresi yang diperoleh Y = 56,696 + 0,269X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag.M.Pd.I |
Keywords: | Pembelajaran daring; Hasil belajar; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 03:05 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 03:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7209 |
Actions (login required)
View Item |