Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk kesadaran beragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Safitri, Amalia (2021) Metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk kesadaran beragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya kesadaran siswa dalam beragama, hal ini disebabkan oleh kurangnya praktek keagamaan yang telah diajarkan oleh guru di sekolah melalui pembelajaran pendidikan agama Islam. Salah satu yang menjadi masalah adalah penggunaan metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang kurang menarik dan kurang sesuai,sehingga pendidikan agama Islam di sekolah belum mampu mencapai tujuan Pendidikan agama Islam terutama dalam membentuk kesadaran beragama siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kesadaran beragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur, apakah metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk kesadaran beragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur, dan apa saja kendala dan solusi metode pembelajarn pendidikan agama Islam dalam membentuk kesadaran beragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kesadaran beragama siswa, untuk mengetahui metode pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam membentuk kesadaran beragama siswa, dan untuk mengetahui kendala dan solusi dalam membentuk kesadaran meragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan mengunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah interview (wawancara) dan observasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan proses mencaridanmenyusunurutan data secara sistematis dari data yang diperoleh dan hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur sudah memiliki kesadaran beragama walaupun masih perlu dibentuk dengan lebih baik lagi. Dalam membentuk kesadaran beragama siswa, guru menggunakan metode pembelajaran pendidikan agama Islam berupa metode peneladanan, pembiasaan, metode amtsal, metode ibrah dan mau’izah, metode targhib dan tarhib dan metode kisah nabawi dan qurani. Kendala metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kesadaran beragama ialah: kurangnya pelatihan dan praktik materi pendidikan agama Islam, kurangnya tingkat kesadaran siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam, kurangnya dukungan dari masyarakat sekitar, tokoh agama dan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi, M.Ag.,M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Metode pembelajaran; Kesadaran beragama
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:51
Last Modified: 10 Nov 2021 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7207

Actions (login required)

View Item View Item