Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi peluang di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun

Hsb, Rukiyahtul Hasanah (2021) Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi peluang di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi peluang. Hal ini disebabkan masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam proses pembelajaran, sistem pembelajaran yang digunakan di sekolah masih menggunakan metode konvensional dan kurang bervariasi dalam mengajar sehingga membuat siswa tidak termotivasi dan kurang aktif belajar. Kurangnya persiapan materi yang dilakukan siswa sebelum belajar merupakan faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Flipped Classroom pada materi peluang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas?, Bagaimana hasil belajar siswa paa materi peluang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas?,apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi peluang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Flipped Classroom pada materi peluang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi peluang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas,untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi peluang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain dengan satu perlakuan, maksudnya adalah bahwa bahwa dalam penelitian ini yng diberikan perlakuan hanya kepada kelas eksperimen saja sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Perlakuan hanya menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom dalam proses pembelajaran materi peluang. Demikian yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII- 4 SMP Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas tahun ajaran 2020-2021. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket dan tes. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom pada materi peluang di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas diketahui bahwa rata-rata angket kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata angket kelas kontrol atau 80,73 76,67 berarti model pembelajaran Flipped Classroom baik digunakan dalam pembelajaran Matematika. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada hasil belajar kelas kontrol atau 83,67 68,67. Pengujian uji-t diperoleh karena thitung ttabel (5,622 2,042) maka terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Model pembelajaran; Flipped classroom; Hasil belajar; Peluang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:34
Last Modified: 10 Nov 2021 02:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7205

Actions (login required)

View Item View Item