Rahmadani, Rahmadani (2021) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V dengan menggunakan audio visual di MIN Sihadabuan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan Membaca Al-Qur‟an merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran anak, karena hal ini adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh anak. Sedangkan media audio visual adalah salah satu media yang dapat di gunakan oleh guru dalam menyampaikan materi ajar yang akan diberikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas V dengan menggunakan audio visual di MIN Sihadabuan Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Instrument pengumpulan data yang digunkan adalah observasi dan tes hasil belajar siswa kelas V MIN Sihadabuan Padangsidimpuan. Teknik analisis data kualitatif merupakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan, sedangkan data yang dikumpulkan berupa angka atau data kuantitatif dengan menggunkan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil membaca Al-Qur‟an siswa dengan menggunakan audio visual. Pada hasil tes awal jumlah siswa yang tuntas adalah 17 orang siswa dari 44 orang siswa atau 38,63% dari total jumlah siswa sedangkan pada siklus I pertemuan I ada 22 orang siswa yang tuntas atau 50%, dan pada siklus I pada pertemuan II sebesar 56,81% atau 25 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II pertemuan III ada 35 orang siswa yang tuntas atau 79,54% dan pada pertemuan IV jumlah siswa yang tuntas adalah 39 orang siswa atau 88,63%. Hasil tes kemampuan awal diperoleh nilai rata-rata 71,36 yang menunjukkan siswa masih sangat kurang aktif dalam proses pembelajaran, hasil tes siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75, dan pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,27 dan kreativitas dan keaktifan dalam proses pembelajaran sudah meningkat. Pada siklus II pertemuan III dengan nilai rata-rata menajdi 81,36, sedangkan pada siklus II pertemuan IV meningkat menjadi 85,54 menunjukkan bahwa siswa sudah aktif mengikuti proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Nurfin Sihotang, MA., Ph.D dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Kemampuan; Membaca; Al-Qur'an; Siswa; Audio visual |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 02:11 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 02:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7182 |
Actions (login required)
View Item |