Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru pendidikan agama Islam dalam penerapan pendidikan multikultural di SMP Swasta Sariputrapadangsidimpuan

Siagian, Rahmaito (2021) Peranan guru pendidikan agama Islam dalam penerapan pendidikan multikultural di SMP Swasta Sariputrapadangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Keragaman masyarakat dengan beragam Ras, Suku, Bangsa, Agama dan kaya akan bahasa itulah Bangsa Indonesia. Indonesia adalah salah satu Negara multikultural terbesar dunia. Kekayaan dan keragaman Agama, Etnikdan kebudayaan, ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi kekayaan ini merupakan khazanah yang patut dipelihara dan memberikan nuansa dan dinamika bagi Bangsa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah:1. Bagaimana Peranan Guru PAI dalam Penerapan pendidikan multikultural. 2. Apa saja yang menjadi penghambat Guru dalam pendidikanmultikultural. 3. Apa saja faktor pendukung Guru dalam menerapkan pendidikan multikultural.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan subjek dalam penelitian ini merupakan guru PAI, Siswa Kelas 3 SMP dan Kepala Sekolah. Instrumen dalam penelitian ini Observasi dan Wawancara.yang data primer adalah: Guru pendidikan Agama Islam dan siswa-siswi Kelas III SMP sedangkan Sekundernya Kepala Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Pendidikan Multikultural di SMP Swasta Sariputra Padangsidimpuan dapat dilihat dari:Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan pendidikan multikultural dilakukan dalam pengembangan sikap toleransi, seperti menghargai teman yang sedang melaksanakan ibadah, menanamkan sikap no rasis dan literasi agama sebelum masuk kedalam kelas. Pendukung peranan Guru pendidikan Agama Islam ketika menjalankan tugas sebagi pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih dalam penerapan pendidikan multikultural, fasilitas Ruang Ibadah semua agama, Guru dariberbagai agama, Buku pendukung untuk pembelajaran masing-masing agama serta kultur wargaSMP Swasta Sariputra Padangsidimpuan.Sedangkan penghambat peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menjalankan pendidikan multikultural adalah sebagai berikut, Kepribadian Guru, anak yang terlalu nyaman dengan kultur Sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam; Pendidikan multikultural
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:38
Last Modified: 05 Nov 2021 08:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7177

Actions (login required)

View Item View Item