Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi mahasiswa tentang pemanfaatan micro teaching dalam meningkatkan kemampuan mendidik mahasiswa PPL FTIK IAIN Padangsidimpuan

Marina, Ida (2021) Persepsi mahasiswa tentang pemanfaatan micro teaching dalam meningkatkan kemampuan mendidik mahasiswa PPL FTIK IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah persepsi merupakan tanggapan atau pengamatan mahasiswa mengenai keefektifan kegiatan pembelajaran Micro Teaching yang telah dilakukan. Mahasiswa mengamati bagaimana kegiatan Micro Teaching tersebut dilaksanakan apakah sesuai dengan indikator yang lelah ditetapkan atau belum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaranMicro Teaching dalam meningkatkan kemampuan mendidik mahasiswa PPL FTIK IAIN Padangsidimpuan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran Micro Teaching di FTIKIAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptifyaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Instrumen pengumpulan data adalahwawancara dan dokumentasi.Sumber datanya menggunakan data primer yaitu mahasiswa dan data sekundernya dosen yang mengampu mata kuliah Micro Teaching. Dan adapun analisis datanya adalah dari wawancara dan pengamatan yang sudah di tuliskan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, pertama bermanfaat bagi mahasiswa dan calon guru. Mahasiswa juga telah mempersiapkan diri sebelum melakukan praktik Micro Teaching dan siap mental untuk diterjunkan langsung ke lapangan untuk melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam menghadapi siswa yang sesungguhnya. Kedua Kendala bersifat internal seperti, Munculnya rasa tidak percaya diri ketika tampil di depan kelas sebagai pusat perhatian dan model, layaknya guru yang sesungguhnya. Dan ada juga, Kendala bersifat eksternal yaitu, Ketersediaan laboratorium micro teaching yang masih minim sementara mahasiswa yang menggunakannya tidak hanya satu jurusan saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Pemanfaatan micro teaching; Mahasiswa; PPL
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:18
Last Modified: 05 Nov 2021 08:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7174

Actions (login required)

View Item View Item