Dalimunthe, Nurazmi Dalila (2021) Analisis instrumen penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1923100286.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil analisis peneliti mengenai buku siswa. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas X SMA Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa instrumen penilaian soal sebanyak 50 soal yang termasuk dalam instrumen penilaian yang berindikasi LOTS (low order thinking skills) dan instrumen penilaian yang berindikasi HOTS (higher order thinking skills) yaitu sebanyak 5 soal. Dengan demikian, pentinglah penelitian ini dilakukan untuk melihat lebih jauh lagi instrumen penilaian yang ada dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu penyusunan instrumen penilaian dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, analisis instrumen penilaian berbasis HOTS dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan perancangan rumusan soal HOTS dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan (Library Research), dengan teknik pengumpulan data melalui dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Sumber data primer penelitian ini adalah Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti revisi 2017 kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku-buku dan jurnal penelitian yang berkaitan dengan instrumen penilaian HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian HOTS dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pekerti revisi 2017 kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilihat dari level kognitif menunjukkan bahwa buku tersebut belum memenuhi level kognitif instrumen penilaian berbasis HOTS. Terdapat 55 soal buku tersebut, yang termasuk instrumen penilaian berbasis HOTS level kognif C4 (menganalisis) sebanyak 5,5%, level kognitif C5 (mengevaluasi) sebanyak 1,8%, dan level kognitif C6 (menciptakan) sebanyak 1,8%. Dengan demikian, soal dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti revisi 2017 kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak termasuk dalam level HOTS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | HOTS; Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 07:54 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 07:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7173 |
Actions (login required)
View Item |