Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi siswa terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring pada siswa kelas VIII MTsS Nahdlatul Ulama Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan

Warohmah, Sakinah (2021) Persepsi siswa terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring pada siswa kelas VIII MTsS Nahdlatul Ulama Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh adanya perbedaan perepsi setiap siswa tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu penulis mengenai bagaimana sebenarnya efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring menurut tanggapan dari siswa di kelas VIII MTsS Nahdlatul Ulama Batang Toru, rumusan masalah diangkat dari bagaimanakah persepsi siswa tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring di kelas VIII MTsS Nahdlatul Ulama Batang Toru? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring di kelas VIII MTsS Nahdlatul Ulama Batang Toru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif model deskriptif. Penelitian ini tidak hanya terbatas kepada pengumpulan data dan informasi, tetapi dilanjutkan dengan pengolahan dan analisis data untuk penelitian untuk mengetahui gambaran persepsi siswa terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring menurut tanggapan dari siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 66 siswa dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Instrument yang digunakan untuk mengungkap data persepsi siswa tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa skor tertinggi persepsi siswa tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring yang dicapai tertinggi adalah 72 dan skor terendah adalah 52. Skor rata-rata (mean) sebesar 62, adapun untuk skor tengah (median) diperoleh sebesar 64, sedangkan untuk skor yang sering muncul (modus) diperoleh sebesar 56a Kriteria persepsi siswa tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring yang diperoleh adalah 61,75% dan diinterpretasikan berada pada kelompok “efektif”, sehingga penulis menyimpulkan bahwa siswa memiliki persepsi yang baik tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring di MTsS Nahdlatul Ulama Batang Toru KabupatenTapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Persepsi siswa; Pembelajaran; Daring
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:49
Last Modified: 05 Nov 2021 07:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7172

Actions (login required)

View Item View Item