Siregar, Fitri Dayanti (2021) Pengaruh penerapan pembelajaran matematika dengan metode inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII MTs Islamiyah Darel Hasan Kabupaten Paluta. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Matematika termasuk pada materi lingkaran dan kurangnya penggunaan metode pada saat pembelajaran. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena cara proses mengajar guru yang terlalu monoton terhadap model pembelajaran yang konvensional (ceramah), sehingga hasil belajar Matematika siswa pada aspek kognitif masih tergolong rendah. Salah satu metode yang inovatif bisa digunakan adalah metode inquiry. Metode pembelajaran ini merupakan salah satu metode yang inovatif yang berguna sebagai solusi untuk melihat pengaruh terhadap aspek kemampuan kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran untuk pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, bagaimana hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran untuk post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode Inquiry terhadap Hasil Belajar Pada Pokok bahasan Lingkaran kelas VIII MTs Islamiyah Darel Hasan Kabupaten PALUTA.Rumusan masalah ini merupakan tujuan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII MTs Islamiyah Darel Hasan tahun ajaran 2020/2021.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes.Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kelas kontrol untuk nilai pre-test memperoleh rata-rata 54,14 berada pada kategori “kurang”, dan kelas eksperiman 55,27 berada pada kategori “kurang”, sedangkan untuk nilai post-test memperoleh rata rata 73,29 berada pada kategori “baik”, dan kelas eksperiman 81,14 berada pada kategori “baik sekali”, dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan metode Inquiry. Hasil yang diperoleh dari nilai signifikansi 5% yaitu thitung> ttabel yaituthitung = 7,40>t KATA PENGANTAR tabel= 2,019dan perbedaan nilai rata-rata pos-test kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata post-test kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Metode inquiry; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 09:20 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 09:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7166 |
Actions (login required)
View Item |