Komariah, Komariah (2021) Peranan guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran daring di MTs Al-Washliyah Selat Besar. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Sejak diumumkan pemerintah mengenai kasus pertama Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pandemi yang terjadi sejak februari 2020 lalu membuat perubahan terhadap dunia terkhususnya didunia pendidikan. Peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana peran guru dalam mengkondisifkan kondisi keadaan saat ini dengan baik, seperti mengembangkan kemampuan siswa menggunakan alat-alat belajar, merangsang siswa untuk belajar, memberikan rasa aman, kepuasan dalam mencapai tujuan serta mengarahkan dan membimbing proses intelektual dan sosial siswa dalam proses pembelajaran daring. Rumusan masalah di penelitian ini adalah Bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran daring masa pandemi di Mts Al-Wasliyah Selat Besar, apakah faktor yang mempengaruhi peranan Guru PAI dalam proses pembelajaran daring di MTs Al-Wasliyah Selat Besar dan apakah kendala yang terjadi pada saat proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peranan PAI Islam dalam proses pembelajaran daring di MTs Al-Wasliyah Selat Besar Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi peranan guru PAI dalam proses pembelajaran daring di MTs Al-Washliyah Selat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan diperoleh dari informasi, yaitu guru untuk data primer dan siswa untuk data skunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran daring di MTs Al-Wasliyah Selat Besar adalah sebagai pengajar dan pendidik, motivator, fasilitator, stransformasi, pembimbing, evaluator, dan adaptasi. Faktor yang mempengaruhi peranan guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran daring di Mts Al-Wasliyah Selat Besar adalah melalui media WhatsApp, goggle from, zoom could meeting dan dragon learning. Kendala yang terjadi pada saat proses pembelajaran daring di MTs Al-Washliyah Selat Besar adalah: gangguan internet, murid sering jenuh, karakter murid sulit dipantaui, tugas selalu online, keterbatasan waktu, orang tua dan kesulitan memahami materi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Peranan guru; Pembelajaran daring |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 03:01 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 03:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7134 |
Actions (login required)
View Item |