Risda, Risda (2018) Peningkatan hasil belajar aritmatika sosial melalui penerapan model pembelajaran role playing pada siswa kelas VII-1 di SMP Swasta Muhammadiyah 30 Sihepeng Kecamatan Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00159.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena hasil belajar matematika siswa di kelas VII belum sesuai dengan yang diharapkan, karena model pembelajaran yang digunakan hanya model ceramah saja dan belum pernah menerapka model pembelajaran role playing dalam proses belajar mengajar. Siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, kurang aktif dalam proses pembelajaran dan tidak ada pertanyaan siswa dari bagian pembahasan yang tidak dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII-1 SMP Swasta Muhammadiyah 30 Sihepeng dengan jumlah 26 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dengan menggunakan metode siklus. Dalam hal ini, peneliti berfungsi sebagai guru sekaligus sebagai observer. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa maka instrument yang digunakan yakni observasi aktivitas dan tes yang berbentuk esai. Aktivitas yang diamati sebanyak 5 butir yaitu: (1) Siswa aktif memperhatika atau mendengarkan penjelasan dari guru; (2) Siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran; (3) Siswa berani bertanya mengemukakan pendapatnya; (4) Siswa aktif mendiskusikan soal-soal yang diberikan guru; (5) Siswa dapat menyelasaikan soal-soal aritmatika sosial. Sedangkan untuk melihat hasil belajar siswa peneliti memberikan 5 butir soal berbentuk esay. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat pada materi aritmatika sosial melalui model role playing ,hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil nilai rata-rata tes awal seluruh siswa yaitu 51,15 dan jumlah siswa yang lulus 5 siswa dengan persentase 19,23% dari 26 siswa. Pada tes siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 60,76 dan jumlah siswa yang lulus 7 siswa dengan persentase 26,92% dari 26 siswa. Pada tes siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 76,15 dan jumlah siswa yang lulus 15 siswa dengan persentase 57,69% dari 26 siswa. Sedangkan pada tes siklus II Pertemuan I dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 81,15 dan jumlah siswa yang lulus 17 siswa dengan persentase 65,38% dari 26 siswa. Pada tes siklus II Pertemuan II dengannilai rata-rata seluruh siswa yaitu 87,30 dan jumlah siswa yang lulus 23 siswa dengan persentase 88,46% dari 26 siswa. Berdasarkan persentase kelulusan siswa sudah mencapai yang diinginkan maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II pertemuan II
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran role playing; hasil belajar; pokok bahasan aritmatika sosial; matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 19 Apr 2020 16:53 |
Last Modified: | 19 Apr 2020 16:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/713 |
Actions (login required)
View Item |