Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan RME (realistic matematic education) pada materi aritmatika sosial di kelas VII-C SMP Negeri 2 Batang Angkola

Pulungan, Wilda Sapitri (2018) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan RME (realistic matematic education) pada materi aritmatika sosial di kelas VII-C SMP Negeri 2 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada materi Aritmatika Sosial. Hal ini disebabkan oleh ketika siswa diberikan guru sebuah soal yang lain dari contoh siswa tersebut kebingungan menjawab soal tersebut karena kurangnya tingkat kemampuan berpikir kratif siswa. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika di kelas yaitu dengan menggunakan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) yaitu pendekatan pembelajaran yang menggunakan konteks dunia nyata sebagai titik tolak pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education pada materi Aritmatika Sosial di kelas VIIC SMP Negeri 2 Batang Angkola. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri2 Batang Angkola yang terdiri dari 32 siswa yaitu siswa laki-laki 15 orang dan perempuan17 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat pada materi Aritmatika Sosial melalui pendekatan RME (Realistic Mathematic Education),hal ini dapat dilihat dari a) peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa dimana rata-rata nilai tes meningkat yaitu 62,64 pada tes awal menjadi 72,5 pada tes siklus I dan 77,81 pada siklus II dan pada tes awal kemampuan berpikir kratif siswa hanya 10 orang yang tuntas dan meningkat menjadi 18 orang yang tuntas pada siklus I sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa yang tuntas. b) lembar observasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dikelas meningkat dari 59,80% pada pertemuan 1 siklus I menjadi 63,39% pada pertemuan ke 2 siklus I serta 72,31% pada pertemuan 1 Siklus II menjadi 78,12% pada pertemuan 2 siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendekatan RME (realistic mathematic education); berpikir kreatif
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 19 Apr 2020 16:45
Last Modified: 19 Apr 2020 16:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item