Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan pembelajaran online di MTs. N 4 Mandailing Natal

Sopia, Husna (2021) Pelaksanaan pembelajaran online di MTs. N 4 Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakangi dengan pembelajaran onlinen yang baru pertama kali dilakukan di MTs. N 4 Mandailing Natal, keadaan belajar mengajar yang dilakukan tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh maupun bisa disebut dengan pembelajaran online. Pembelajaran online ini merupakan pembelajaran jarak jauh yang mangakibatkan peserta didik dan pendidik tidak bisa tatap muka. Sehingga banyak menimbulkan permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran online, karena peserta tidik bisa belajara secara langsung maka banyak permasalah yang dihadapi yang menimbulkan pembelajaran tidak berjalan dengan semestia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi oleh peserta didik maupun pendidik dalam pembelajaran online dan juga dapat mengetahui bagaimana strategi yang digunnakan oleh pendidik dalam menghadapi permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran online. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi lapangan di MTs. N 4 Mandailing Natal, wawancara secara langung dengan kepala madrasah, guru dan siswa. Dalam peneletian ini didukung dengan dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap masalah yang di deskrifsikan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online di MTs. N 4 Maandailing Natal, menemukan permasalahan seperti, ketidak stabilan jaringan, kurangnya pemaham siswa yang mengakibatkan tingginya tingkat bosan dalam proses belajar, dan tidak jauh dari permasalah seperti pendidik tidak dapat memantau secara langsung perubahan peserta didik ataupun karakter peserta didik, seperti pembelajaran tatap muka biasanya, dalam pembelajaran online ini guru juga menggunakan strategi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pendidik seperti, pengubahan pola pikir siswa, pendekatan terhadap siswa, pemberian motivasi dan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, yang dapat membuat pembelajran lebih aktif dan menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Pembelajaran Online
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:58
Last Modified: 03 Nov 2021 01:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7119

Actions (login required)

View Item View Item