Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode pembelajaran explicit intraction terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat kelas VIII Di SMP Negeri 1 Ulu Pungkut

Lubis, Suprida Sari (2021) Pengaruh metode pembelajaran explicit intraction terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat kelas VIII Di SMP Negeri 1 Ulu Pungkut. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat disebabkan oleh metode yang digunakan guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika. Siswa hanya menggunakan teknik menghapal rumus yang sudah ada akan tetapi tidak dengan memahami konsep, sehingga siswa sangat kesulitan ketika guru memberikan soal-soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Explicit Intruction terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat kelas VIII di SMP Negeri 1 Ulu Pungkut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen jenis desain eksprimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ulu Pungkut yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksprimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji t dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 2,88 > ttabel = 2,04. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa “ada pengaaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Explicit Intruction terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat kelas VIII di SMP Negeri 1 Ulu Pungkut”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag
Keywords: Metode pembelajaran; explicit intruction, Pemahaman; Konsep; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:47
Last Modified: 03 Nov 2021 01:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7117

Actions (login required)

View Item View Item