Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan kepuasan pelanggan Rumah Makan Kantin Ceria Pasar Sipiongot

Dongoran, Leni Marlina (2021) Determinan kepuasan pelanggan Rumah Makan Kantin Ceria Pasar Sipiongot. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya ketidakpuasan pelanggan rumah makan Kantin Ceria. Hal ini dapat dilihat dari segi minat pelanggan mengunjungi rumah makan Kantin Ceria dibandingkan dengan mengunjungi rumah makan lainnya yang ada di Pasar Sipiongot. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh harga, lokasi, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu Manajemen Pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan dengan teori-teori kepuasan pelanggan merupakan kecenderungan hati dalam diri seseorang untuk tertarik menciptakan usaha yang kemudian mengorganisir, menanggung risiko dan mengembangkan usaha yang diciptakannya. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Sampel yang digunakan sebanyak 97 responden dari seluruh pelanggan rumah makan Kantin Ceria tahun 2020. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan Isaac dan Michael. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik nonprobability sampling dengan cara accidental sampling. Sumber data yaitu primer, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel harga secara parsial signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Variabel lokasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan variabel harga, lokasi, fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan rumah makan Kantin Ceria Pasar Sipiongot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Harga; Lokasi; Fasilitas; Kepuasan pelanggan; Pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:25
Last Modified: 29 Oct 2021 02:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7090

Actions (login required)

View Item View Item