Lubis, Nursaidah (2021) Pengaruh trend fashion dan promosi terhadap keputusan pembelian produk fashion pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan angkatan 2017. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana trend fashion dan promosi dapat menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Karena hal tersebut berkaitan langsung dengan kepuasan konsumen dalam memiliki atau membeli produk fashion di Shopee, seperti sulitnya mendapatkan promo di Shopee dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah trend fashion dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion di Shopee pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan angkatan 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari trend fashion dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion di Shopee pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan angkatan 2017. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian produk fashion yang meliputi trend fashion dan promosi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 76 responden yang diambil dari konsumen produk fashion di Shopee yang berada di IAIN Pangsidimpuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial variabel trend fashion tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion. Secara parsial variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion. Secara simultan trend fashion dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion di Shopee pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan angkatan 2017. Dan hasil penelitian menunjukkan nilai R Square sebesar 20,1%, berarti hanya 20,1% variabel trend fashion dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion sisanya sebesar 79,9% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Nurul Izzah, M.Si |
Keywords: | Keputusan pembelian; Promosi; Trend fashion |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 02:20 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7089 |
Actions (login required)
View Item |