Alawiyah, Silvi (2021) Problematika pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 di MAN Tapanuli Selatan Lokasi Situmba. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100164.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi covid-19. Pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti social distancing, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSSB). Kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk tetap berada dirumah, mulai dari bekerja, beribadah maupun belajar dirumah. Pemerintah menganjurkan untuk melaksanakan proses belajar dari rumah melalui pembelajaran online. Pembelajaran online dapat menggunakan teknologi digital dengan berbagai media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru. Hal ini tentu menjadi tantangan baru bagi guru maupun peserta didik dalam melakukan proses belajar mengajar melalui sistem online. Pelaksanaan pembelajaran online yang dilakukan secara tiba-tiba ini menimbulkan berbagai problem atau masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apa saja problem yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 di MAN Tapanuli Selatan Lokasi Situmba 2) Apa yang melatarakangi timbulnya problematika guru dalam kelaki belajar online pada masa pandemi Covid-19 di MAN Tapanuli Sealatan Lokasi Situmba 3) Apakah upaya yang dibuat dalam mengatasi guru dalam keislalah belajar ding pada masa pandemi Covid-19 di MAN Tapanuli Selatan Lokasi Situmba. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Banyaknya peserta didik yang tidak memiliki kuota belajar, dan jaringan yang tidak bagus menyebabkan komunikasi antara guru dan siswa kurang efektif karena tidak semua peserata didik mendapatkan informasi tentang pembelajaran tersebut sehingga dapat menghambat berjalannya pembelajaran online yang dilaksanakan. Keterbatasan guru dalam mengontrol berlangsungnya pembelajaran online. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Materi yang diberikan guru tidak dapat dituntaskan dan peserta didik susah memahami pelajaran yang disampaikan guru. Serta terbatasnya sarana prasarana yang di butuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, MA dan Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Problematika; Pembelajaran; Daring; Covid-19 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 04:06 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7074 |
Actions (login required)
View Item |