Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 1 Barumun

Hasibuan, Masitoh (2021) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 1 Barumun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, kesalahan ini diakibatkan dari permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran, banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita khususnya pada materi himpunan. Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan apa saja yang yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 1 Barumun. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif deskriptif dilaksanakan di SMP Negeri 1 Barumun, subjek penelitian ini adalah seluruh kelas VII-3 SMP Negeri 1 Barumun yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan menggunakan tes dan wawancara, sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru matematika dikelas VII SMP Negeri 1 Barumun, berdasarkan tes dan wawancara, siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada materi himpunan. Pengolahan data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi himpunan dilihat dari jenis jenis kesalahan siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan operasi, kesalahan prinsip, kesalahan terjemahan, dan kesalahan strategi. Siswa yang paling banyak melakukan kesalahan terdapat pada kesalahan konsep dan kesalahan terjemahan. Kesalahan tersebut terjadi disebabkan siswa kurang mengerti dalam memahami konsep himpunan, tidak mampu merumuskan suatu konsep matematika dengan bahasa/simbol yang benar, tidak bisa menentukan apa yang “diketahui” serta apa yang “ditanya” dalam soal dan kurang memahami maksud soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Anhar, MA
Keywords: Kesalahan Siswa; Soal Matematika; Bentuk Cerita; Himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:27
Last Modified: 19 Oct 2021 03:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7072

Actions (login required)

View Item View Item