Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar aritmatika sosial melalui penerapan model probing prompting pada siswa kelas VII Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Rizki, Yulia (2021) Peningkatan hasil belajar aritmatika sosial melalui penerapan model probing prompting pada siswa kelas VII Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah ketidakpuasan guru dengan rendahnya hasil belajar kelas VII- A MTs Darul Istiqomah. Hal ini dikarenakan kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta kemampuan siswa yang lambat dalam memahami materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model Probing Prompting dalam meningkatkan hasil belajar aritmatika sosial pada siswa kelas VII Pondok Pesantren Darul Iatiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Probing Prompting dalam meningkatkan hasil belajar matematika aritmatika sosial pada siswa kelas VII Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian kelas VII-A MTs Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan Tenggara dengan jumlah siswa 25 orang. Kemudian instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi siswa. Penelitian yang dilakukan dengan model siklus, dalam pelaksanaan penelitian yang dilakukan adalah sebanyak dua siklus. Dalam satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan yang dilakukan dalam setiap siklus adalah tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refelksi (reflection). Berdasarkan hasil tes yang dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting pada setiap siklus. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan awal 58 dan persentase 20%, siklus I pertemuan I nilai rata-rata 60 dan persentase 32% pertemuan II nilai rata-rata 63,8 dan persentase 44%. Siklus II pertemuan I nilai rata-rata 71,4 dan persentase 64% dan pertemuan II nilai rata-rata 75,8 dan persentase 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Hasil belajar; Probing prompting; Aritmatika sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:34
Last Modified: 25 Oct 2021 03:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7065

Actions (login required)

View Item View Item