Gunawan, Indra (2021) Pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie samyang (studi kasus mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan dunia bisnis yang semakin meningkat menyebabkan adanya isu tentang produk-produk dipasaran yang diragukan kehalalannya, konsumen harus lebih selektif sebelum membuat keputusan pembelian. Penetapan harga yang salah atas suatu produk dapat mengakibatkan jumlah penjualan pada suatu produk tidak dapat maksimal yang mengakibatkan jumlah penjualan pada suatu produk tidak dapat maksimal yang mengakibatkan jumlah penjualan menurun dan pangsa pasarnya berkurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh label halal dan harga secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendeketan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan labelisasi halal, harga dan keputusan pembelian. Penelitian ini membahas tentang pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, sehingga tinjauan teori disesuaikan dengan ruang lingkup yang dibahas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dengan sampel sebanyak 74 orang. Teknik analisis data yang digunakan data time series dengan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi liniear berganda, uji koefisien determinan, dan uji hipotesis. Hasil penelitian Secara parsial variabel labelisasi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Mie Samyang. Secara parsial variabel harga menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Mie Samyang. Berdasarkan hasil nilai Adjusted R 2 sebesar 0, 662 persen atau 66,2 persen variabel labelisasi halal dan harga memengaruhi variabel keputusan pembelian dan 33,8 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Arbanur Rasyid, M.A. dan Sry Lestari, M.E.I |
Keywords: | Harga; Label Halal; Keputusan Pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 02:12 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 02:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7059 |
Actions (login required)
View Item |