Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh tingkat religiusitas terhadap etika bisnis pedagang muslim di Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan

Adawiyah, Robi Atun (2021) Pengaruh tingkat religiusitas terhadap etika bisnis pedagang muslim di Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200258.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di pasar sangkumpal bonang Padangsidimpuan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah tingkat religiusitas dan etika bisnis pedagang muslim di pasar sangkumpal bonang Padangsidimpuan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tingkat religiusitas terhadap etika bisnis pedagang muslim di pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang tingkat religiusitas dan teori etika bisnis. Dalam teori religiusitas terdapat dasar religiusitas, dimensi tingkat religiusitas, serta fungsi dan prinsip tingkat religiusitas. Dalam teori etika bisnis terdapat dasar etika bisnis dan prinsip etika bisnis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah 870 pedagang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan jumlah 20 item pernyataan. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah menggunakan teknik slovin sebayak 90 orang pedagang. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi sederahana, koefisien determinan dan uji parsial (t). Hasil penelitian secara parsial menunujukkan bahwa variabel tingkat religiusitas memiliki nilai thitung > ttabel = ( 6,571 >1,662), artinya terdapat pengaruh tingkat religiusitas terhadap etika bisnis pedagang muslim di pasar sangkumpal bonang Padangsidimpuan. Sedangkang R2 square variabel sebesar 0,534 persen atau 53,4% yang dipengaruhi oleh variabel tingkat religiusitas dan sisanya adalah 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Tingkat religiusitas; Etika bisnis
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:57
Last Modified: 25 Oct 2021 03:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item View Item