Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas rendah melalui media video di kelas II SD Negeri 347 Batahan

Indah, Ulmi Sri (2021) Upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas rendah melalui media video di kelas II SD Negeri 347 Batahan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia pada buku tematik kelas II SD Negeri 347 Batahan. Penyebabnya siswa kurang merespon guru yang sedang mengajar di depan kelas dan menganggap pembelajaran Bahasa indoenesia sangat rumit dipahami jika masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Hal ini dapat dilihat dari metode yang digunakan guru tidak bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan keterampilan membaca bahasa indonesia dengan menggunakan media video di kelas II SD Negeri 347 Batahan, bagaimana peningkatan keterampilan membaca siswa terhadap penggunaan media video pada pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan belajar siswa pada pembelajaran membaca melalui media pembelajaran berbasis Video di kelas II SD Negeri 347 Batahan, untuk mengetahui peningkatan belajar siswa terhadap pengguan media video pada pembelajaran membaca di kelas II SD Negeri 347 Batahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan tahapan perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setip siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes dan Observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hsil belajar siswa pada pembelajaran membaca disetiap siklus meningkat . pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 64,5 ( 30%),kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 67,5 (35%) menja 72 ( 45%),pada siklus II dari 75 ( 50%) menjadi 86 ( 85% ). Adapun respon siswa terhadap penerapan media video dalam proses pembelajaran yaitu sangat suka dan senang karena dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar dan dapat menuntut sisa untuk lebih percaya diri. Kesimpulannya yaitu keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya media video pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada pembelajaran Tematik Tema 2 kelas II SD Negeri 347 Batahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Media video; Keterampilan membaca; Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:12
Last Modified: 25 Oct 2021 03:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item View Item