Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru profesioanal dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin Sibuhuan

Hasibuan, Rahmi Wardani (2018) Upaya guru profesioanal dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin Sibuhuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00186.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Upaya Guru Profesional Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin Sibuhuan. Pengelolaan program belajar mengajar di Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin Sibuhuan mampu mengaplikasikan program belajar mengajar seperti membuat desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta mengevaluasi pembelajaran. Setiap melaksanakan pembelajaran harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelaajaran. Guru mengelola kelas dengan baik dan menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran sesuai materi yang akan disamapaikan. Guru telah menguasai landasan-landasan pendidikan, karena tanpa mengetahui landasan pendidikan akan mengakibatkan pendidikan dan pembelajaran kurang efektif. Adanya upaya dalam meningkatkan kompetensi Profesional Guru dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Baik dari Guru dan Kepala Sekolah yang sangat mendukung mengembangkan dan meningkatkan kompetensi Profesional Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MA Al-Mukhlishin Sibuhuan. Untuk mendeskripsikan upaya guru profesional yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MA Al-Mukhlishin Sibuhuan. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan sesuatu yang terjadi di lapangan pada masa sekarang, untuk mengumpulkan data yang digunakan dala pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar Pendidikan Agama Islam yang ada di Madrasah Aliyah Sibuhuan sudah memimiliki kriteria ketuntasan dan dapat dibuktikan dari hasil evaluasi yang dilakukan guru sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin Sibuhuan. Upaya yang dilakukan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin Sibuhuan meningkatkan ketuntasan belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam yang dilihat dari tiga aspek yaitu: afektif, kognitif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: prestasi belajar; metode pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 19 Apr 2020 14:57
Last Modified: 19 Apr 2020 14:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item