Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan kepuasan pelanggan Toko Fahma Plastik Pasar Gunung Tua Padadang Lawas Utara

Siregar, Ummi Mariana (2021) Determinan kepuasan pelanggan Toko Fahma Plastik Pasar Gunung Tua Padadang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat ini juga dapat dirasakan oleh pelaku bisnis usaha seperti toko Fahma plastik. Mengingat di Gunungtua terdapat banyak pesaing sesama usaha dibidang plastik Toko Fahma plastik harus bisa mengetahui fakto-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Promosi, lokasi, dan pelayanan yang baik belum bisa sepenuhnya diberikan oleh toko Fahma plastik terhadap pelanggannya. Sehingga masih terdapat sebagian pelanggan puas namun sebagian lagi merasa tidak puas. Toko Fahma plastik pasar gunungtua harus membuat beberapa perbaikan dan inovasi yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh promosi, lokasi dan pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan Toko Fahma Plastik Pasar Gunungtua Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi, lokasi dan pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan Toko Fahma Plastik Pasar Gunungtua Padang Lawas Utara. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, tempat penelitian, dan dunia akademik. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran yaitu yang berhubungan dengan faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan diantaranya faktor promosi, lokasi, dan faktor pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial variable promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung < ttabel (1,019 <1,683), variabel lokasi tidak berpengaruh dengan nilait hitung < ttabel (-1,710 < 1,683), sedangkan secara parsial variable pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung> ttabel (2,781 > 1,683). Sedangkan secara simultan variable promosi, lokasi dan pelayanan sama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,326 > 2,83). Artinya secara simultan terdapat pengaruh promosi, lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Toko Fahma Plastik Pasar Gunungtua Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Promosi; Lokasi; Pelayanan; Kepuasan pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:20
Last Modified: 25 Oct 2021 03:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item