Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap kreativitas siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan

Aini, Novi Nurul (2021) Pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap kreativitas siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya siswa dalam menyelesaikan soal matematika sehingga siswa memiliki keterbatasan kreativitas dalam menyelesaikan soal. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru tanpa menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan keaktifan pada proses belajar mengajar. Dan juga ketertarikan peneliti untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan kreativitas antara siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mnengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajatan course review horay terhadap kreativitas siswa, dan perbedaan kreativitas antara siswa laki-laki dan perempuan sebelum maupun setelah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sehingga sampel yang digunakan adalah 4 kelas. Dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian ini yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan antara kreativitas siswa laki-laki dan perempuan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horayi maupun Konvensional dan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Course Review Horay terhadap kreativitas siswa. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi 0,05 yaitu thitung > ttabel dengan taraf nyata 5% sehingga 3,60 > 1,99. Dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 76,70 dan kelas kontrol yaitu 71,20.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Course review horay; Kreativitas; Jenis kelamin
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Sep 2021 00:53
Last Modified: 25 Oct 2021 04:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6999

Actions (login required)

View Item View Item