Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara

Fauzi, Asrobiatun (2021) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1723100180.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam studi pendahuluan, pembelajaran yang sudah memenuhi keefektifan dan kesesuaian pelaksanaan, seharusnya siswa sudah mampu memahami serta mampu menerapkan nilai-nilai agama, seperti menjawab salam dari guru, menyapa guru terlebih dahulu saat bertemu, membaca do‟a sebelum memulai pembelajaran, bertanya kepada guru agama tentang materi yang sudah dipelajari ataupun yang sedang dipelajari saat pembelajaran berlangsung, mendengarkan penjelasan guru dengan khidmat, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, mengikuti peraturan-peraturan sekolah dan juga peraturan yang ada di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara.Namun pada realitanya ditemukan bahwa kualitas pemahaman siswa terhadap materi pelajaran masih sangat jauh dari tujuan pembelajaran, sehingga dirasa perlu ditinjau lebih dalam dari cara guru melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1.) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. (2.) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. (3.) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. (4.) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam evaluasi pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian lapangan (field research), penelitian ini dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting) di lapangan atau lokasi penelitian dengan metode pengumpulan data: observasi, dukumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi, member chek, menggunakan bahan refrensi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran yaitu pada penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran, guru masih belum memahami betul prosedur penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, juga sistem pengelolaan kelas, dalam perencanaan belum sesuai dengan standard. (2) Penggunaan metode, guru dalam menyesuaikan metode dengan bahan ajar yang akan disampaikan masih belum maksimal. (3) Penggunaan media, guru kurang menguasai dalam mengoperasikan komputer dan laptop. (4) Evaluasi pembelajaran masih ditemukan di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum, sehingga guru harus tetap berupaya untuk meluluskan peserta didik meskipun karakternya kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd
Keywords: Problematika; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Sep 2021 23:33
Last Modified: 10 Sep 2021 23:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6990

Actions (login required)

View Item View Item