Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembinaan kerukunan umat beragama di Kelurahan Sipirok Godang Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Tahilun (2021) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembinaan kerukunan umat beragama di Kelurahan Sipirok Godang Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1823100230.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Menciptakan kehidupan umat beragama yang harmonis tidak hanya sebagai agenda yang mudah dilakukan. Upaya dalam membangun kehidupan umat beragama yang harmonis harus dijalani dengan hati-hati, salah satu hal yang harus dilakukan yaitu dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan multikultural. Kelurahan Sipirok Godang merupakan daerah yang didominasi penduduk yang beragam yakni umat Islam dan Kristen, akan tetapi kehidupan masyarakat setempat tetap bisa rukun dan damai. Untuk itu, penulis melakukan penelitian ini untuk menelusuri lebih lanjut terkait kerukunan umat beragama dan implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural serta faktor penghambatnya dalam pembinaan kerukunan umat beragama di Kelurahan Sipirok Godang Kabupaten Tapanuli Selatan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kerukunan umat beragama dan implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural serta faktor penghambatnya dalam pembinaan kerukunan umat beragama di Kelurahan Sipirok Godang Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk melihat masalah di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa kerukunan umat beragama di Kelurahan Sipirok Godang melakukan sikap yang sangat baik. Beberapa bentuk kerukunan yang dapat direalisasikan penduduk setempat yaitu adanya interaksi sosial yang aktif antar umat beragama, adanya kerja sama yang baik, dan adanya rasa kepedulian dan kebersamaan. Ada beberapa nilai pendidikan multikultural yang diterapkan sehingga terbinanya kerukunan umat beragama, yaitu 1) nilai demokrasi, 2) nilai kesetaraan, 3) nilai toleransi, dan 4) nilai prikemanusiaan. Faktor yang menghambat penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural adalam pembinaan kerukunan umat beragama di Kelurahan Sipirok Godang yaitu kurangnya sosialisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dan komunikasi serta adanya sebagian warga yang memiliki sifat egois.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Nilai-nilai pendidikan; Multikultural; Kerukunan umat beragama
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Sep 2021 23:25
Last Modified: 25 Oct 2021 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6989

Actions (login required)

View Item View Item