Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran diskursus multi refresentatif (DMR) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi bilangan bulat di kelas VII MTsN 4 Tapanuli Selatan

Mantasia, Mantasia (2021) Pengaruh model pembelajaran diskursus multi refresentatif (DMR) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi bilangan bulat di kelas VII MTsN 4 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di madrasah yang membosankan karena guru menyampaikan materi pembelajaran dengan model yang tidak bervariasi yang membuat peserta didik menjadi kurang tertarik terhadap pembelajaran Matematika. Sehinnga peserta didik kesulitan dalam memahami konsep Matematika dan mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Rumusan masalahnya adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajara Diskursus Multi Refresentatif (DMR) dengan konvensional Materi Operasi Bilangan Bulat di kelas VII MTsN 4 Tapanuli Selatan Kec. Sayur Matinggi Kab. Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa antara penggunaan model pembelajaran Diskursus Multi Refresentatif (DMR) dengan Konvensional pada materi Operasi Bilangan Bulat di Kelas VII MTsN 4 Tapanuli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen Nonequivalent Control Group. Instrument penelitian menggunakan tes essay. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII-I dan kelas VII-II Tapanuli Selatan 46. Sampel dalam penelitian diambil teknik cluster random sampling yaitu 46 siswa. Sampel kelas eksperimen (VII-I) yang diberikan model pembelajaran Diskursus Multi Refresentatif (DMR) yang berjumlah 24 siswa dan kelas Kontrol (VII-II) di berikan model pembelajaran Konvensional yang berjumlah 22 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 0,477< ttabel = 2,025 Sig > 0,05 maka Ha diterima dan sebaliknya H0 ditolak . Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa “Terdapat Pengaruh Sinifikan Menggunakan Model Pembelajaran Diskursus Multi Refresentatif (DMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Operasi Bilangan Bulat di Kelas VII Tapanuli Selatan Kec. Sayur Matinggi Kab. Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran; Diskursus multi refresentatif; DMR; Konvensional; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Sep 2021 01:56
Last Modified: 25 Oct 2021 04:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6953

Actions (login required)

View Item View Item