Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Adab guru dan murid menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Al-Adab fi’ Al-Din

Harahap, Marisa Hannum (2021) Adab guru dan murid menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Al-Adab fi’ Al-Din. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan saat ini kurangnya memperhatikan nilai moral dan etika antara guru dan murid yang sesuai dengan ajaran agama. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui adab guru dan murid menurut Imam al�Ghazali dalam kitab al-Adab Fi al-Din. Tujuan penelitian, (1) Mendeskripsikan adab guru menurut imam al�Ghazali dalam kitab Al-Adab Fi’ al-Din, (2) Mendeskripsikan adab murid menurut imam al-Ghazali dalam kitab al-Adab Fi’ al-Din, (3) Menemukan relevansi adab guru dan murid dalam kitab al-Adab fi’ al-Din dikaitkan dengan proses pembelajaran dalam dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research (kepustakaan). Data primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan yaitu membaca, mencatat serta mengolah bahan penelitian dari berbagai buku dan karya ilmiah. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis. Dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Adab guru menurut imam al�Ghazali dalam kitab al-Adab Fi al-Din adalah bahwasanya guru hendaknya tawadhu‟, tidak bersikap sombong, menjadi sosok suri tauladan, tidak berperilaku buruk, dapat mempertimbangkan kemampuan intelektual muridnya, menjauhkan murid dari perilaku buruk dan mendidik dengan penuh kasih sayang. (2) Adab murid menurut imam al-Ghazali dalam kitab al-Adab Fi al-Din adalah tawadhu‟, menerima pendapat guru dan tidak menyalahkannya, selalu berfikir postif, konsentrasi ketika proses pembelajaran berlangsung, meninggalkan perbuatan negatif, bersikap ramah, sopan terhadap guru dan sesama teman serta mengulang kembali pelajaran yang telah didapatkan di sekolah. (3) Relevansi Adab guru dan murid dalam kitab al-Adab Fi al-Din dikaitkan dengan proses pembelajaran saat ini adalah dapat menjadi solusi dalam memperbaiki akhlak guru dan murid dalam proses pembelajaran khususnya dalam menghadapi masalah moral pada zaman sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Adab guru; Adab murid; Imam Al-Ghazali
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:36
Last Modified: 25 Oct 2021 04:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6937

Actions (login required)

View Item View Item