Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran search solve create share (SSCS) terhadap kemampuan komunikasi matematika pada materi eksponensial di Kelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan

Harahap, Cahya Wardiyah (2021) Pengaruh model pembelajaran search solve create share (SSCS) terhadap kemampuan komunikasi matematika pada materi eksponensial di Kelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi eksponensial disebabkan model pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa kesulitan dalam komunikasi matematika. Rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran search solve crate share (sscs) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi eksponensial di Kelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara teknik pembelajaran search solve create share (sscs) terhadap kemampuan komunikasi matematika pada materi eksponesial di Kelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desin non randomized control group pre test post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan yang berjumlah 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling yaitu 46 siswa. Sampel kelas eksperimen (X MIA I) yang diberikan perlakuan 23 siswa dan kelas kontrol (X MIA 2) yang tidak diberi perlakuan 23 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung=2,737>ttabel=2,015, maha Ha diterima dan sebaliknya H0 siginifikan model pembelajaran antara model pembelajaran search solve center share (sscs) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi eksponensial di kelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran; Search Solve Create Share; SSCS; Kemampuan; Komunikasi matematika; Eksponensial
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:18
Last Modified: 25 Oct 2021 04:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6920

Actions (login required)

View Item View Item