Elivina, Embun Fivi (2021) Pembelajaran matematika menggunakan model contextual teaching and learning pada materi lingkaran di Kelas VIII-A Pondok Pesantren Modern Al-Hasymiyah Darul Ulum Sipaho. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran Matematika menggunakan model CTL membantu siswa memahami konsep lingkaran dengan mudah dan menjadikan siswa lebih aktif selama pembelajaran berlangsung. Pembelajaran Matematika Menggunakan Model CTL pada materi lingkaran di kelas VIII-A Pondok Pesantren Modern Al�Hasyimiyah telah dilaksanakan secara berlanjut sampai dengan sekarang. Dalam penerapan model CTL guru masih mengalami beberapa kesulitan, khususnya pada beberapa komponen model CTL, Kontruktivisme, Inkuiri dan Pemodelan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan model CTL dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Matematika menggunakan model CTL pada materi lingkaran ditinjau dari komponen pembelajaran CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan model CTL pada materi lingkaran dan pelaksanaan pembelajaran Matematika menggunakan model CTL pada materi lingkaran di kelas VIII-A Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Sipaho ditinjau dari Komponen pembelajaran CTL. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan metode etnografi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Matematika dan siswa kelas VIII-A Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Sipaho. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, Aktivitas siswa selama pembelajaran matematika menggunakan model CTL yaitu siswa menyimak penjelasan guru, mengamati, membaca materi, mencatat materi, menjawab pertanyaan guru, aktif bertanya, aktif berdiskusi kelompok, aktif menyimpulkan materi, keberanian menyampaikan pendapat, kesungguhan mengikuti kegiatan pembelajaran, senang dan gembira dalam kegiatan pembelajaran. Adapun pelaksanaan pembelajaran Matematika menggunakan model CTL pada materi lingkaran telah dilaksanakan berdasarkan komponen model pembelajaran CTL yaitu, Kontruktivisme, Inkuiri, Bertanya, Masyarakat Belajar, Pemodelan, Refleksi dan Penilaian autentik. Guru mengalami beberapa kesulitan dalam melaksanakan setiap komponen CTL, diantaranya pada komponen pemodelan, kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan model CTL sehingga media yang digunakan hanya media pembelajaran sederhana, berupa karton berbentuk lingkaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Almira Amir, M.Si dan Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Pembelajaran matematika; Model CTL; Lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 07:55 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6919 |
Actions (login required)
View Item |