Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode role playing di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Model Panyabungan

Septiyadi, Reza (2021) Peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode role playing di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Model Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena masih kurangnya keterampilan berbicara siswa serta kurang bervariasi metode pembelajaran yang diterapkan sehingga menjadi faktor kurangnya siswa dalam berbicara. Disamping itu, kebanyakan guru menggunakan metode ceramah dalam mengajar, sehingga siswa tidak berperan atau ambil andil dalam proses belajar mengajar. Untuk mengatasi kurangnya keterampilan berbicara siswa, dengan menngunakan metode pembelajaran role playing diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode role playing di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Model Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengethaui peningkatan keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran role playing siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Model Panyabungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan role playing yang berupaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian yang berupa siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Model Panyabungan, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian terbukti adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode role playing. Pada pra-tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase 36%. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 17 siswa dengan persentase 56%. Pada pertemuan 2 terjadi lagi peningkatan, dari 17 siswa yang tuntas menjadi 20 siswa dengan persentase sebesar 66%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 terjadi lagi peningkatan sebesar 76% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 26 siswa dengan persentase sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia; Role playing
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:36
Last Modified: 25 Oct 2021 04:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item