Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap kognitif siswa pada materi persamaan linear satu variabel di Kelas VII MTs S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara

Daulay, Khalijah Aryani (2021) Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap kognitif siswa pada materi persamaan linear satu variabel di Kelas VII MTs S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di Madrasah membosankan karena guru menyampaikan materi pembelajaran hanya terpaku pada buku dan jarang menggunakan media, yang membuat peserta didik menjadi kurang tertarik terhadap pembelajaran Matematika. Sehingga peserta didik susah memahami konsep Matematika dan mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan tidak bersemangat dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Rumusan masalahnya yaitu: apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan alat peraga dengan kognitif siswa pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII MTs S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan alat peraga dengan kognitif siswa pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII MTs S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen control group pretest-posttest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs S Syahbuddin Mustafa Nauli yang berjumlah 146 siswa, untuk sampelnya yaitu kelas VII AP (kelas kontrol) dan VII BP (kelas eksperimen) masing-masing terdiri atas 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel kelas eskperimen diberikan perlakuan dengan alat peraga dan kelas kontrol dengan pendekatan teacher center. Instrumen yang digunakan yaitu test. Teknik pengolahan data dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS v. 21 dan rumus Uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis kognitif dengan menggunakan SPSS v. 21 dan uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,019 < 0,05) dan thitung > ttabel (2,408 > 2,002), maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan alat peraga terhadap kognitif siswa pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII MTs S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Alat peraga; Kemampuan kognitif
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:13
Last Modified: 25 Oct 2021 04:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6913

Actions (login required)

View Item View Item