Sari, Choiryah Afyunita (2021) Pengaruh kualitas produk, harga dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian beras (studi kasus konsumen Kilang Padi Kamoa di Desa Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1440200055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pengambilan keputusan pembelian konsumen pada dasarnya merupakan proses pemecahan masalah karena adanya manfaat dan mutu. Kebanyakan konsumen, baik konsumen individu maupun pembeli, akan melalui proses mental yang hampir sama dalam memutuskan produk apa yang akan dibeli. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas produk, harga dan saluran distribusi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian beras (Studi Kasus Konsumen Kilang Padi Kamoa di Desa Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan saluran distribusi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian beras (Studi Kasus Konsumen Kilang Padi Kamoa Di Desa Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Sofjan Assauri, menyatakan dalam bukunya Manajemen Pemasaran Motto yang dilakukan untuk memuaskan keinginan konsumen yaitu pembeli adalah raja. Pandangan ini dikembangkan dalam rangka untuk dapat mencapai sasaran pemasaran jangka panjang yaitu keutungan perusahaan jangka panjang melalui pembinaan langganan dengan memberikan kepuasaan bagi keinginan dalam pemenuhan kebutuhan konsumen. Dengan puasnya konsumen atau langganan maka diharapkan calon pembeli dapat diusahakan menjadi pembeli, dan pembeli atau konsumen dapat diusahakan menjadi pembeli atau konsumen tetap, yaitu sebagai langganan. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 69 responden yang diambil dari konsumen Kilang Padi Kamoa di Desa Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Dengan menggunakan rumus jumlah populasi yang tidak diketahui. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, kemudian di analisis dengan mengggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk(thitung ttabelyaitu 2,554 1,668) artinya H1 diterima, maka terdapat pengaruh antara variabelKualitas Produkterhadap Keputusan pembelian, variabelHarga memiliki (thitung ttabel yaitu 4,001 1,668) artinya H2 diterima,maka terdapat antara variabel harga terhadap Keputusan pembelian, variabel saluran distribusi memiliki (thitung ttabelyaitu 3, 415>1,668) artinya H1 diterima, maka terdapat pengaruh antara variabel saluran distribusi terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan variabel Kualitas Produk, Harga, Saluran distribusiberpengaruh terhadapKeputusan pembeliandenganuji F menghasilkan (Fhitung > Ftabel yaitu 4,174>2,75) artinya H3 diterima. Sedangkan uji determinasi R2 square variabel sebesar 0,249atau sama dengan 24,9%,artinyabahwaKeputusan Produk, harga, Saluran distribusi mampu menjelaskan variabel Keputusan pembelian 24,9%. Sedangkan sisanya 75,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini, dalam arti lain masih ada variabel independen lain yang mempengaruhi Keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM dan Nurul Izzah, M.Si |
Keywords: | Kualitas produk; Harga; Saluran distribusi; Keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 01:43 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6905 |
Actions (login required)
View Item |