Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memotivasi anak belajar Al-Qur’an di Baitul Qurro Al-Azhar Kecamatan Padangsidimpuan Utara

Lubis, Muhammad Sholehuddin (2021) Faktor-faktor yang memotivasi anak belajar Al-Qur’an di Baitul Qurro Al-Azhar Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420100053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah motivasi seseorang sangat diperlukan untuk menunjang kinerja dan keberhasilan suatu pekerjaan atau kegiatan. Dalam hal ini seorang anak yang ikut belajar Al-Qur‟an tentu ada faktor yang memotivasi seorang anak belajar di Baitul Qurro Al-Azhar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode belajar Al-Qur‟an dan faktor-faktor yang memotivasi anak belajar Al-Qur‟an di Baitul Qurro Al-Azhar!,tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode belajar Al-Qur‟an dan faktor-faktor yang memotivasi anak belajar Al-Qur‟an di Baitul Qurro Al-Azhar. Belajar Al-Qur‟an hendaklah dimulai dari semenjak kecil, sebaiknya dari semenjak berumur 5 atau 6 tahun, sebab apabila anak-anak sudah sampai berumur 7 tahun, Rasulullah SAW telah memerintahkan para orang tua untuk menyuruh anak-anak mereka tersebut melaksanakan ibadah shalat. Maka diperlukan motivasi yang kuat baik dari luar diri anak maupun dari dalam diri anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode kualitatif sedangkan apabila dilihat dari segi tempat penelitian, maka penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak yang belajar Al-Qur‟an yang tingkatannya sekolah dasar dan menengah berjumlah 30 santri. Berdasarkan hasil penelitian di pengajian Baitul Qurro bahwa metode utama yang digunakan dalam belajar Al-Qur‟an adalah metode tilawah yaitu metode dengan belajar Al-Qur‟an dengan menggunakan makhorijul huruf dan tajwid serta dibaca dengan menggunakan irama, sebahagian digunakan metode Iqro dan Qiro‟ah apabila anak sulit atau masih permulaan belajar AL-Qur‟an, salah satu faktor�faktor yang memotivasi anak belajar Al-Qur‟an adalah dari faktor dari dalam diri anak dan faktor dari luar diri anak salah satunya adalah motivasi orang tua, minat dan bakat serta cita-cita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag.
Keywords: Motivasi; Belajar; Anak; Al-Qur'an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Aug 2021 00:54
Last Modified: 30 Aug 2021 00:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6898

Actions (login required)

View Item View Item