Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola interaksi antara guru dan murid dalam Al-Qur’an dalam surah Al-Kahfi ayat 60-82

Asfia, Nurul (2021) Pola interaksi antara guru dan murid dalam Al-Qur’an dalam surah Al-Kahfi ayat 60-82. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah bahwasanya pendidikan yang dilaksanakan oleh guru hanya menekankan pada transper pengetahuan saja bukan pada pembentukan sikap dan perilaku. Oleh karena itu peneliti melihat kurangnya interaksi antara guru dan murid dalam proses embelajaran. Maka peneliti tertarik untuk meneliti pola interaksi antara guru dan murid yang terkandung dalam surah al-Kahfi ayat 60-82. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola interaksi antara guru (Khidir) dan murid (Musa) dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola interaksi antara Nabi Khidir dan Nabi Musa dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) teknik pengumpulan data adalah teknik kepustakaan dengan menela‟ah dan mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan pembahasan serta beberapa literatur mengenai pola interaksi yang terkandung dalam Q.S al-Kahfi ayat6 60- 82. Objek penelitiannya digali berdasarkan kitab Tafsir dan buku-buku yang relevan. Teknik analisis datanya menggunakan content analysis untuk menggali kandungan surah al-Kahfi ayat 60-82. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola interaksi antara guru (Khidir) dan murid (Musa) menggunakan pola interaksi dua arah yaitu guru dan murid sama-sama berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pola dalam bentuk ini menggunakan metode tanya jawab. Setelah guru menjelaskan materi, maka guru akan memberikan kesempatan kepada murid untuk bertanya kemudian dijawab kembali oleh guru. Guru melontarkan masalah-masalah kepada murid sehingga mampu menimbulkan inisiatif murid untuk memecahkan masalah tersebut yang menyebabkan interaksi antara guru dan murid sehingga peran siswa aktif. Dalam kisah ini terdapat komponen pendidikan yaitu tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, Materi dan metode yang berkaitan dengan interaksi dalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H.Irwan Saleh Dalimunthe, M.A. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag.
Keywords: Interaksi guru; Q.S Al-Kahfi Ayat 60-82
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 24 Aug 2021 08:26
Last Modified: 25 Oct 2021 05:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6880

Actions (login required)

View Item View Item