Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk Herba Penawar Alwahida Indonesia pada Business Centre Padangsidimpuan

Siregar, Hasmida Royani (2021) Strategi pemasaran produk Herba Penawar Alwahida Indonesia pada Business Centre Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200278.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

PT. Herba Penawar Alwahidah Indonesia merupakan perusahaan bisnis halal Multi Level Marekting di Indonesia yang fokus pada produk kesehatan. Penjualan yang mengalami naik turun dikarenakan agen tidak mencapai target penjualan yang sudah ditentukan. Rumusan masalah dalam peneltian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia pada Business Centre Padangsidimpuan saat ini dan bagaimana rencana strategi pemasaran produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia pada Business Centre Padangsidimpuan dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia pada Business Centre Padangsidimpuan saat ini dan mengetahui rencana strategi pemasaran produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia pada Business Centre Padangsidimpuan dimasa yang akan datang. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan Business Centre Padangsidimpuan dalam memasarkan produknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan lokasi pada penelitian ini adalah Business Centre Padangsidimpuan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dengan melakukan wawancara dan dokumentasi, data sekunder berasal dari dokumen atau data perusahaan. Analisis data menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia memiliki kekuatan yang terdiri dari kehalalan produk terjamin, produk yang ditawarkan beragam, memiliki dewan pengawas syariah, dan lokasi strategis. Kelemahan dari produk ini terdiri dari ketersediaan produk, harga produk relatif lebih mahal, stokist yang kurang amanah dalam menginput poin, tempat yang kurang luas. Sedangkan peluang yang dimiliki produk yaitu memperluas pangsa pasar, biaya administrasi yang terjangkau, semakin banyak masyarakat yang hijrah produk halal dan herbal, akses yang mudah. Ancaman produk ini yaitu munculnya pesaing, kenaikan harga, kurangnya pemahaman masyarakat tentang mengonsumsi produk halal dan baik, dan ketersediaan bahan. Rencana strategi dimasa yang akan datang berdasarkan SWOT-4P Strategi Produk: mempertahankan eksistensi produk dengan menambah inovasi pengembangan produk. Strategi Harga : menetapkan strategi harga. Strategi lokasi: menambah jaringan pemasaran. Strategi promosi: memanfaatkan tren hijrah produk dalam mempromosikan produk Herba Penawar Alwahidah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Arbanur Rasyid, M.A. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Strategi; Pemasaran; Produk halal
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 19 Aug 2021 02:58
Last Modified: 26 Oct 2021 01:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6857

Actions (login required)

View Item View Item