Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan pembelian konsumen Swalayan Madina Market Panyabungan

Fadilah, Riska (2021) Determinan keputusan pembelian konsumen Swalayan Madina Market Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1440200167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan dan tuntutan era globalisasi menimbulkan persaingan pada lapisan masyarakat Indonesia baik dalam bentuk perdagangan maupun jasa. Perkembangan bisnis tidak dapat terlepas dari faktor meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan erat kaitannya terhadap perilaku konsumtif konsumen dalam berbelanja dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Kemudian banyak konsumen yang beralih ke pasar modern karena dianggap lebih nyaman. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, dan harga secara parsial dan simultan/bersamaan terhadap keputusan pembelian konsumen swalayan Madina Market Panyabungan. Keputusan pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan pembelian sebuah produk. Kualitas Pelayanan merupakan suatu kinerja penampilan, tidak berujud dan cepat hilang, lebih dapat dirasakan daripada dimiliki serta konsumen lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut. Lokasi adalah letak atau tempat dimana suatu perusahaan menjual produk atau barang. Harga merupakan sejumlah nilai (dalam mata uang) yang harus dibayar konsumen untuk membeli atau menikmati barang atau jasa yang di tawarkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode analisis regresi berganda, dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics versi 25. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik convenience sampling. Dikarenakan jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti jumlahnya, maka untuk mengetahui besarnya sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah responden penelitian yaitu sebanyak 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (t hitung 3,050 > 1,985 t tabel), lokasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (t hitung 3,742 > 1,985 t tabel), harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (t hitung 2,680 > 1,985 t tabel). Kemudian kualitas pelayanan, lokasi, dan harga berpengaruh secara simultan/bersamaan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai F hitung yaitu 41,205 > 2,74 (F tabel). Nilai R Square yaitu sebesar 0,563 atau 56,3% artinya bahwa variabel independen pada penelitian ini (kualitas pelayanan, lokasi, dan harga), mampu menjelaskan variabel dependen (keputusan pembelian) yaitu sebesar 56,3% sementara sisanya 43,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Keputusan pembelian; Kualitas pelayanan; Lokasi; Harga
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Aug 2021 13:21
Last Modified: 26 Oct 2021 01:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item View Item