Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar dengan metode demonstrasi pelajaran IPA materi indra dan pemeliharaannya di Kelas IV SD Negeri 18 Bagan Bilah Kecamatan Panai Tengah

Fitriana, Fitriana (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar dengan metode demonstrasi pelajaran IPA materi indra dan pemeliharaannya di Kelas IV SD Negeri 18 Bagan Bilah Kecamatan Panai Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa SD Negeri 18 Bagan Bilah Kecamatan Panai Tengah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria tuntas KKM, disebabkan karena guru belum menerapkan metode pembelajaran yang menjadikan seperti ini siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan tidak adanya interaksi aktif antara guru dan murid. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 18 Bagan Bilah Kecamatan Panai Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajarann demonstrasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 18 Bagan Bilah Kecamatan Panai Tengah yang berjumlah 20 siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara mengecek data yang diperoleh dari guru kelas dan siswa kelas IV. Teknik ini diperoleh dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum penggunaan metode pembelajaran demonstrasi hanya 30% (6 siswa) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal ( KKM ), sedangkan 70% ( 14 siswa ) belum memenuhi KKM. Pada siklus I sudah mulai ada peningkatan dari hasil belajar siswa dengan siswa yang tuntas 60% ( 12 siswa ) dan 40% ( 8 siswa ) yang tidak memenuhi kriteria KKM dengan nilai rata 75,9. Pada siklus II hasil belajar meningkat jauh dimana siswa memenuhi ketuntasan KKM yaitu 90% ( 18 siswa) dan yang tidak memenuhi 10% (2 siswa) dengan nilai rata-rata 89,85. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menggunakan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; IPA; Metode demonstrasi; Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Aug 2021 12:37
Last Modified: 26 Oct 2021 01:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6843

Actions (login required)

View Item View Item