Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar di Kelas IV SD Negeri 115510 Batu Tunggal Kabupaten Labuhan Batu Utara

Br Nasution, Rizani Qorinah (2021) Penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar di Kelas IV SD Negeri 115510 Batu Tunggal Kabupaten Labuhan Batu Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 115510 dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata 59,67 dimana nilai tersebut masih belum mencapai ketuntasan belajar minimal yaitu 75, sehingga hasil belajar perlu ditingkatkan. Penerapan model pembelajaran yang kurang bervariatif merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing agar siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran dengan memainkan sebuah peran sehingga hasil belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema berbagai pekerjaan sub tema jenis-jenis pekerjaan dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai Desember 2020, bertempat di Kelas IV SD Negeri 115510 Batu Tunggal. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari dua Siklus dimana setiap Siklus terdiri dari dua Pertemuan, setiap Siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif berupa lembar observasi yang didukung oleh data kuantitatif yaitu berupa tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Role Playing berpengaruh pada hasil belajar, Pada Siklus I Pertemuan I yaitu 40% dari 15 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 58 pada materi IPS dan 26,67% dengan nilai rata-rata 56,67 untuk materi IPA. Pada tes Siklus I Pertemuan II siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 46,67% dari 15 siswa dengan nilai rata-rata 64,67 pada materi IPS dan 40% dengan nilai rata-rata 60,67 pada materi IPA. Sedangkan pada Siklus II Pertemuan I siswa yang mencapai ketuntasan yaitu 66,67% dari 15 siswa dengan nilai rata-rata 73,33 pada materi IPS dan 60% dengan nilai rata-rata 70,67 pada materi IPA. Pada Siklus II Pertemuan II yaitu 86,67% dari 15 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 81,33 dan 73,33% dengan nilai rata-rata 80 pada materi IPA. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Role playing
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Aug 2021 12:24
Last Modified: 16 Dec 2022 08:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6842

Actions (login required)

View Item View Item