Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung campuran di kelas IV SD Negeri 200311 Pudun Jae Kota Padangsidimpuan

Sari, Anita (2021) Pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung campuran di kelas IV SD Negeri 200311 Pudun Jae Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Menerapkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Di Kelas IV SDN 200311 PUDUN JAE. Pembelajaran yang digunakan dikelas masih menggunakan metode konvensional dan menempatkan siswa sudah saatnya sistem belajarnya diperbaharui. Pembelajaran ini membuat siswa pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran dan menimbulkan kejenuhan dengan kurangnya pemahaman, dan kurang termotivasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya pembelajaran yang menggunakan Contextual Teaching and Learning terutama pada pembelajaran matematika materi pokok bahasan operasi hitung campuran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang dilakukan dengan metode 2 siklus. Sumber datanya adalah siswa kelas IV SDN 200311Pudun Jae yang berjumlah 28 siswa. Peneitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan yang bersifat refleksi dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu di dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara baik. Dari hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SDN 200311Pudun Jae Kota Padangsidimpuan. dengan memperoleh nilai rata-rata yaitu:Siklus I pertemuan 1 : 60,4% , Pertemuan 2 : 64,3%Siklus II pertemuan 1 : 74,64 Pertemuan 2 : 83,21%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran Contextual Teachig and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran di kelas IV SDN 200311 Pudun Jae.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Pembelajaran CTL; Operasi Hitung Campuran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:40
Last Modified: 06 Aug 2021 02:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item View Item