Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah SD Negeri 100590 Air Kanan Kecamatan Dolok Sagompulon Kabupaten Padang Lawas Ut

Limbong, Neni Rahma Ningsih (2021) Implementasi pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah SD Negeri 100590 Air Kanan Kecamatan Dolok Sagompulon Kabupaten Padang Lawas Ut. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah implementasi pembelajaran tematik terpadu di Kelas Rendah SD Negeri 100590 Air Kanan yang sudah diterapkan sejak 2019-2020. Namun belum efektif karena guru belum sepenuhnya menguasai pembelajaran tematik ini, salah satu penyebab guru kurang menguasai pembelajaran ini karena kurangnya sosialisasi dari dinas pendidikan dan sarana prasarana yang dibutuhkan guru dalam kegiatan belajar mengajar seperti infokus dan jaringan internet. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu a. Bagaimana implementasi pembelajaran tematik terpadu diterapkan, b. Apa kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu, dan c. apa upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini adalah a. Untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik terpadu, b. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu, dan c. untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primernya adalah guru kelas 1, 2, dan 3. Sedangkan data sekunder adalah kepala sekolah, wakil kurikulum dan siswa. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu: menelaah seluruh data yang dikumpulkan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah SD Negeri 100590 Air Kanan sudah terlaksana meskipun belum efektif, hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dan sarana prasarana yang dibutuhkan guru dalam kegiatan belajar mengajar seperti infokus, jaringan internet dan lain sebagainya, sehinga guru-guru terkadang menggunakan pembelajaran secara konvensional ataupun pembelajaran permata pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd dan Hamidah
Keywords: Implementasi Pembelajaran; Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:13
Last Modified: 05 Aug 2021 05:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6820

Actions (login required)

View Item View Item