Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat membaca peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan

Hidayat, Hidayat (2021) Implementasi pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat membaca peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat membaca peserta didik di SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan masih rendah dalam mengikuti kegiatan pembelajaran literasi. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme peserta didik yang masih rendah dalam mengikuti program pembelajaran literasi yang diadakan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat membaca peserta didik di SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan, untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat membaca peserta didik di SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah bentuk penelitian yang bersifat mendeskripsikan atau menggambarkan suatu gejala-gejala yang ada, baik gejala yang bersifat alamiah dan gejala bersifat non alamiah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumena. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran literasi yaitu: dalam melaksanakan pembelajaran literasi, guru kelas menyusun materi kegiatan pembelajaran literasi, memilih dan menentukan buku pengayaan, memilih strategi membaca, menciptakan lingkungan yang kondusif, sekolah membiasakan peserta didik untuk membaca selama 15 menit setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar, selanjutnya peserta didik membuat ringkasan dari buku yang dibaca. Upaya untuk meningkatkan minat membaca peserta didik adalah membuat jadwal kunjungan wajib ke perpustakaan 1x dalam seminggu bagi masing-masing kelas, sekolah menyediakan buku-buku yang beragam, koran, artikel, menyediakan papan mading dan papan informasi untuk memajang karya peserta didik, menyediakan sudut baca di setiap ruangan, membuat perlombaan berkaitan dengan pembelajaran literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Implementasi; Pembelajaran; Literasi; Minat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Aug 2021 04:58
Last Modified: 05 Aug 2021 04:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6817

Actions (login required)

View Item View Item