Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh etika bisnis Islam terhadap perilaku reseller herba penawar Al Wahida Indonesia Padangsidimpuan

Tambunan, Amri Wandana (2021) Pengaruh etika bisnis Islam terhadap perilaku reseller herba penawar Al Wahida Indonesia Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian adalah pesatnya perkembangan bisnis syariah terutama produk-produk halal yang sesuai dengan syariat dan yang dianjurkan dalam islam. PT Herba Penawar Alwahida Indonesia sebagai salah satu produsen maupun distributor produk halal yang sudah berdiri di indonesia tentunya ingin menjadikan produknya sebagai produk halal terbaik yang berada dipasar indonesia. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah distributor produk halal tersebut selalu menerapkan etika berbisnis sesuai syariat islam. Pembahasan penelitian iniberkaitan dengan bidang ilmu manajemen bisnis syariah. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan etika berbisnis yang di dalamnya disebutkan manajemen bisnis adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melaului kegiatan orang lain. Dengan mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian. Penilitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data yang didapat dalam penelitian ini berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang telah dibagikan kepada responden. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana, uji determinasi (uji R2 ), dan uji hipotesis (t), dengan menggunakan bantuan spss. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika bisnis Islam berpengaruh dari hasil uji hipotesis (Uji t) dapat dilihat bahwa thitung untuk variabel Etika Bisnis Islam sebesar 3,690 dan untuk ttabel diperoleh dari rumus df = (n-k-1), df = 90, hasil diperoleh dari ttabel sebesar 1,66196 yang artinya thitung > ttabel (3,690 > 1,66196) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa Etika Bisnis Islam berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku Reseller Herba Penawar Alwahida Indonesia Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Arbanur Rasyid, M.A. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Etika; Bisnis; Produk Halal
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Aug 2021 04:46
Last Modified: 05 Aug 2021 04:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6816

Actions (login required)

View Item View Item