Tambunan, Amri Wandana (2021) Pengaruh etika bisnis Islam terhadap perilaku reseller herba penawar Al Wahida Indonesia Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian adalah pesatnya perkembangan bisnis syariah terutama produk-produk halal yang sesuai dengan syariat dan yang dianjurkan dalam islam. PT Herba Penawar Alwahida Indonesia sebagai salah satu produsen maupun distributor produk halal yang sudah berdiri di indonesia tentunya ingin menjadikan produknya sebagai produk halal terbaik yang berada dipasar indonesia. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah distributor produk halal tersebut selalu menerapkan etika berbisnis sesuai syariat islam. Pembahasan penelitian iniberkaitan dengan bidang ilmu manajemen bisnis syariah. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan etika berbisnis yang di dalamnya disebutkan manajemen bisnis adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melaului kegiatan orang lain. Dengan mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian. Penilitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data yang didapat dalam penelitian ini berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang telah dibagikan kepada responden. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana, uji determinasi (uji R2 ), dan uji hipotesis (t), dengan menggunakan bantuan spss. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika bisnis Islam berpengaruh dari hasil uji hipotesis (Uji t) dapat dilihat bahwa thitung untuk variabel Etika Bisnis Islam sebesar 3,690 dan untuk ttabel diperoleh dari rumus df = (n-k-1), df = 90, hasil diperoleh dari ttabel sebesar 1,66196 yang artinya thitung > ttabel (3,690 > 1,66196) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa Etika Bisnis Islam berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku Reseller Herba Penawar Alwahida Indonesia Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Arbanur Rasyid, M.A. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M |
Keywords: | Etika; Bisnis; Produk Halal |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 04:46 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 04:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6816 |
Actions (login required)
View Item |